- Memahami
garis besar kurikulum merdeka
- Memahami
pembelajaran dan Asesmen
- Memahami
Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah
- Memahami
Pengembangan Projek penguatan P5RA
Projek penguatan profil adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitarnya, dengan menggunakan pendekatan berbasis projek (project based learning), memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi yang fleksibel dan interaktif dengan tujuan menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila (bukan untuk mencapau CP bidang studi)
Pojek penguatan profil pelajar di madrasah diproyeksikan pada dua aspek
- Profil pelajar Pancasila
- Profil pelajar rahmatan lil’alamin
Keduanya ini
jalankan secara bersamaan dan terintegrasi dalam satu kegiatan dan satu
laporan. namun demikian keduanya ini nantinya memiliki proses asesmen
masing-masing
Apa yang
dimaksud Profil Pelajar Pancasila?
· Profil
Pelajar Pancasila merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki
karakter sesuai nilai-nilai Pancasila.”
· Pernyataan
ini memuat tiga kata kunci: pelajar sepanjang hayat, kompeten, dan nilai-nilai
Pancasila
· Hal
ini menunjukkan adanya paduan antara penguatan identitas khas bangsa Indonesia,
yaitu Pancasila, sebagai rujukan karakter pelajar Indonesia; dengan kompetensi
dalam konteks perkembangan Abad 21.
· Profil
pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional yang
berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan
termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta
kompetensi peserta didik.
Dimensi Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar
Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu:
1. Beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
2. Mandiri.
3. Bergotong-royong.
4.
Berkebinekaan global.
5. Bernalar
kritis.
6. Kreatif.
Keenam dimensi
tersebut perlu dilihat secara utuh sebagai satu kesatuan agar setiap individu
dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan
berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.
Dimensi, Elemen, Sub elemen, dan Alur
perkembangan kompetensi
· Di dalam setiap dimensi Profil Pelajar Pancasila terdapat beberapa elemen, di dalam sebagian besar elemen terdapat beberapa sub elemen, dan di setiap sub elemen terdapat rangkaian alur perkembangan kompetensi setiap fase pembelajaran.
Untuk lebih
jelasnya, bisa melihat regulasi TENTANG DIMENSI, ELEMEN, DAN
SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA yang dikeluarkan oleh
kemendikbud ristek
Pelajar Rahmatan lil Alamin merupakan Pelajar Pancasila yang bertakwa, berakhlak mulia, serta moderat dalam beragama. Secara khusus sosok pelajar rahmatan lil alamin ini mampu mengejawantahkan 10 nilai-nilai berikut:
- Berkeadaban (ta’addub), yaitu menjunjung tinggi akhlak mulia, karakter, identitas, dan integritas
- Keteladanan (qudwah),yaitu kepeloporan, panutan, inspirator & tuntunan
- Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah), yaitu sikap menerima keberadaan negara (nasionalisme), mematuhi hukum negara, melestarikan budaya Indonesia.
Nilai-nilai Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (selanjutnya)
- Mengambil jalan tengah (tawassuṭ), yaitu pemahaman dan pengamalan beragama yang tidak berlebih-lebihan (ifrāṭ) dan juga tidak abai terhadap ajaran agama (tafrīṭ).
- Berimbang (tawāzun), yaitu pemahaman dan pengamalan agama secara seimbang yang meliputi semua aspek kehidupan, baik duniawi maupun ukhrawi
- Lurus dan tegas (I’tidāl), yaitu menempatkan sesuatu pada tempatnya dan melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban secara proporsional.
- Kesetaraan (musāwah), yaitu persamaan, tidak diskriminatif kepada yang lain disebabkan perbedaan keyakinan, tradisi dan asal usul seseorang.
- Musyawarah (syūra), yaitu setiap persoalan diselesaikan dengan jalan musyawarah dengan prinsip menempatkan kemaslahatan di atas segalanya;
- Toleransi (tasāmuh), yaitu mengakui dan menghormati perbedaan, baik dalam aspek keagamaan maupun berbagai aspek kehidupan lainnya.
- Dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikâr), yaitu selalu terbuka untuk melakukan perubahan-perubahan sesuai dengan perkembangan zaman serta menciptakan baruuntuk kemaslahatan dan kemajuan umat manusia.
Prinsip-prinsip Projek Penguatan Profil
1.
Prinsip
Holistik
2.
Prinsip
Kontekstual
3.
Prinsip
Berpusat pada Peserta Didik
4.
Prinsip
Eksploratif
5.
Prinsip
Kolaboratif
6.
Prinsip
keberagaman
7.
Prinsip
kemandirian
8.
Prinsip
kebermanfaatan
9.
Prinsip
Religiusitas
·
Peserta
didik sebagai subjek pembelajaran
·
Pendidik
sebagai fasilitator
·
Satuan
pendidikan sebagai pendukung
·
Intrakurikuler
integrasi dengan subtansi pelajaran
·
Ko-kurikuler
dirancang kolaboratif antar mata pelajaran
·
Ekstrakurikuler
integrasi dalam pengembangan minat bakat
- Membentuk tim fasilitator projek : Kepala madrasah menyusun tim fasilitator yang berperan merencanakan dan melaksanakan Projek. Tim terdiri dari Koordinator Projek tingkat madrasah, koordinator tingkat kelas atau fase dan anggota sesuai kebutuhan madrasah.
- Mengidentifikasi tingkat kesiapan madrasah Kepala madrasah bersama tim fasilitator merefleksi dan menentukan kesiapan madrasahnya.
- Merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu: Tim Fasilitator menentukan fokus dimensi profil pelajar dan tema projek serta merancang jumlah projek beserta alokasi waktunya. (dimensi dan tema dipilih berdasarkan kondisi dan kebutuhan madrasah)
- Menyusun modul projek: Tim fasilitator menyusun modul projek sesuai tingkat kesiapan satuan pendidikan dengan tahapan umum: Menentukan tujuan projek (dimensi, elemen, subelemen, dan pencapaian fase); Mengembangkan topik, dan durasi projek, serta; mengembangkan aktivitas projek dan asesmennya.
- Merancang strategi pelaporan projek: Tim fasilitator merencanakan strategi pengolahan dan pelaporan hasil projek
Tema-tema Projek Profil pada RA
1.
Aku
Sayang Bumi
2.
Aku
Cinta Indonesia
3.
Kita
semua bersaudara
4.
Imajinasiku/Imajinasi
dan Kreativitasku
Tema Projek Penguatan Profil pada MI,
MTs, MA dan MAK
1.
Hidup
Berkelanjutan
2.
Kearifan
Lokal
3.
Bhinneka
Tunggal Ika
4.
Bangunlah
Jiwa dan Raganya
5.
Demokrasi
Pancasila
6.
Berekayasa
dan Berteknologi untuk membangun NKRI
7.
Kewirausahaan
8.
Kebekerjaan
khusus MAK
Ketentuan Projek Penguatan Profil pada
madrasah
Dalam 1 tahun
ajaran, projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan sekurang-kurangnya:
INTEGRASI Dimensi, Elemen Dengan Nilai
Rahmatan Lil Alamin
1. Pengenalan
• mengenali dan
membangun kesadaran peserta didik terhadap tema yang sedang dipelajari
2.
Kontektualisasi
• Menggali
permasalahan di lingkungan sekitar yang terkait dengan topik pembahasan
3. Aksi
• Merumuskan
peran yang dapat dilakukan melalui aksi nyata
4. Refleksi
• Menggenapi
proses dengan berbagi karya serta melakukan evaluasi dan refleksi.
5. Tindak
lanjut
• Menyusun
langkah strategis tindak lanjut
Alur (sequence) Projek Penguatan Profil
(Model 2)
Alur (sequence) Projek Penguatan Profil
(model 3)
Dokumentasi Kegiatan Projek Profil
0 Comments